Jumat, 15 Juni 2012

AL_ISHLAH BONDOWOSO

PENDAHULUAN

Pondok Pesantren Al-Ishlah sudah berpengalaman puluhan tahun dalam mendidik putra putri muslimin menjadi muslim benar dan pintar, mukmin sholih yang mushlih/reformis,  cerdas, lugas, dan tegas dalam kebenaran. Banyak lulusannya melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi diberbagai PTN/PTS  baik dalam dan luar negeri, antara lain: UI, UNAIR, UIN, STAIN, STIT Al-Ishlah, UNMUH, UNEJ, UNM, UMM, Univ. Al-Azhar Cairo, Univ. Al-Iman Yaman dll. Ribuan alumninya tersebar ke seantero nusantara dengan berbagai latar belakan skill dan profesinya, namun hidupnya berorientasi pada perjuangan perbaikan. Perbaikan kuwalitas diri, kuwalitas ekonomi dan perbaikan kuwalitas social masyarakatnya sesuai tujuan qur’an dan sunnah sehingga keberadaannya bermanfaat bagi orang lain dalam rangka menggapai ridho Alloh SWT.

SEJARAH SINGKAT

Pondok Pesantren Al-Ishlah merupakan lembaga pendidikan yang semula bernama Pondok Pesantren Miftahul Ulum (artinya: kunci ilmu pengetahuan) didirikan oleh KH. Muhammad Ma’shum pada tahun 1970 di desa Dadapan-Grujugan-Bondowoso diatas areal ±1/2 Ha wakaf dari dua orang paman istrinya (Hj. Maimunah) yaitu Bpk.Ridin dan Bpk.Ahmad (H.Ahmad fathurrozi) dengan sebuah masjid yang dibangun oleh masyarakat sekitar (khususnya masyarakat desa Dadapan dejeh songai), murid pertama 3 orang santri dengan system pendidikan tradisional (mengaji/sorogan).

Seiring dengan perubahan/perbaikan yang dilakukan oleh Pimpinan pondok, maka pada tahun 1973 nama pondok pesantren Miftahul Ulum dirubah menjadi Pondok Pesantren Al-Ishlah yang berarti perbaikan/memperbaiki.
Dan kini diatas areal ±10Ha dengan bangunan-bangunan gedung yang cukup representative, Pondok Pesantren Al-Ishlah disamping terus meningkatkan kegiatan pendidikan juga telah melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya.

TUJUAN

1. Membantu kaum dhu’afa’ (ekonomi lemah) untukbisa  mendapat layanan pendidikan yang bermutu.

2. Mencetak kader-kader muballigh perekat umat yang sholih dan mushlih, yang selalu berjuang untuk meningkatkan kuwalitas diri, kuwalitas ekonomi, dan kuwalitas social masyarakat.

LINGKUP KEGIATAN

A. Program Sosial

1. Bantuan pembiayaan pendidikan/biaya hidup terhadap anak-anak usia sekolah yang menjadi penyandang masalah tersebab keyatiman, kelemahan ekonomi, keterlantaran dsb (sejak tahun1984).

2. Bantuan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang  sosial  yang kegiatannya dimulai pada tahun 1985.

3. Pengembangan dan pembinaan  kesejahteraan sosial masyarakat dengan memberikan kegiatan ekonimis produktif masyarakat yang dirintis sejak tahun 1988.

4. Bina Ummat, pembinaan ummat/masyarakat dilakukan secara langsung oleh pondok   dan atau secara tidak langsung melaui pembinaan alumni dan melaui kerjasama pondok-pondok/ lembaga-lembaga pendidikan, instansi-instansi pemerintah maupun suwasta dengan cara mengadakan majlis ta’lim, kajian-kajian, seminar-seminar, sarasehan dan kursus-kursus ketrampilan usaha ekonomi produktif.

B. Program Pendidikan

Pendidikan yang diselenggarakan Al-Ishlah yaitu mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga tingkat perguruan tinggi sebagaimana berikut:

1. Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT)Al-Ishlah.

2. Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Ishlah.

3. Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Ishlah.

4. Kulliyatul Muballighiin Alislamiyyah (KMI) Al-Ishalah.
   A. Madrasah Tsanawiyah (MTs)
   B. Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA
   C. Program Takhassus.

5. Sekolah  Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ishlah.

6. Tahfidzul Qur’an.

SISTIM PENDIDIKAN

Dengan Perpaduan Tiga Model Unggulan:

1. Qur’an dan Sunnah Shohihah; dalam ber aQidah syariah.

2. Modern;  dalam proses belajar mengajar dan disiplin kepondokan.

3. Tradisional Islami (salaf); dalam tata karma adab sopan santun sehari-hari,
Pondok Pesantren Al-Ishlah telah mencetak putra-putri yang benar, dan pintar (cerdas nan kuat khusuk nan taat, baik nan manfaat, pekerja keras nan giat dan aktifis perekat ummat).

KEUNGGULAN-KEUNGGULAN.

1. Lulusan Al-Ishlah mempunyai prinsib hidup yang jelas benar yaitu hidup bertujuan mengabdi   kepada Sang Pencipta  dengan berpedoman kepada petunjuk-petunjuk Alloh dalam Al-Quran serta bertauladan kepada prilaku Rosululloh dan senantiasa bekerja keras menegakkan haq/kebenaran dan untuk itu siap berkorban, harapan akhir hidupnya khusnul khotimah.

2. Berbudi luhur dan senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip kesholihan serta senantiasa melaksanakan ibadah-ibadah sunnah (sholat malam, sholat dhuha, puasa senin-kamis dll).

3. Mampu berbahasa arab dan inggris (ada kewajiban berbahasa arab dan inggris dan latihan pidato).

4. Mempunyai life skill, kemampuan management, leadership (ada pelatihan).

5. Bisa melanjutkan ke semua fakultas eksakta maupun social (Fak. Kedokteran, Fak. Perkapalan, Fak. Tehnik, Kimia, Akademi Militer, Fak. Keagamaan dll). Karena MA Al-Ishlah mengambil program jurusan IPA.

6. Hafal Al-Qur’an minimal 4 juz.

FASILITAS

Gedung sekolah milik sendiri yang dibangun diatas tanah seluas ±10Ha. Dilengkapi sarana Ibadah, Asrama khusus putra, Asrama khusus Putri, Laboratorium, Ruang inab wali santri/tamu putra dan ruang inab wali santri/tamu putri, Sarana olah raga (lapangan sepak bola,volly, Basket, sepak takraw,futsal dll) Kantin Wartel, Ruang Kesehatan Putra, Ruang kesehatan putri, Ambulan dll.

PRESTASI

1. Juara I pencak silat Bhayangkara

2. Juara I Da’I SMP dan sekolah islam se-Jawa Timur  Tahun 2006

3. Juara Umun Pramuka tingkat Kab. Bondowoso Pada Tahun 2006 dan Tahun 2007

4. Juara Umum  Bela Diri Tapak Suci Dalam HUT Bhayangkara ke 57

5. Juara I MHQ se ek Krasidenan Besuki Tahun 2007

6. Juara Umum Lomba Galang (LG) SMAN 1 Jember Tingkat MTs/SMP Se Ek Krasidenan Besuki  Tahun 2007.

7. Juara III Basket Tingkat SMA se kab. Bondowoso Tahun 2007

8. Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi gemilang  yang  tidak dapat kami sebut satu persatu.